Sabtu, 30 Mei 2009

SOMETHING TO REMEMBER

  1. Peluang bisnis muncul dari keinginan dan kebutuhan manusia agar hidup mereka lebih nyaman, lebih mudah, dan lebih baik.
  2. Anda dapat menggiring seekor kuda ke tempat air, tapi Anda tak dapat membuatnya minum. Tugas Anda sebagai seorang pembisnis, adalah membuatnya halus. Itulah sebabnya, (Peter F. Drucker mengatakan, "Business is create a customer". Bisnis bukan semata-mata berusaha bagaimana membuat produk, akan tetapi bagaimana menciptakan pelanggan.
  3. Dengan perencanaan yang hati-hati dan mendetail, seseorang pasti menang. Dengan perencanaan yang ceroboh dan tidak mendetail, seseorang tidak bisa menang. Kekalahan seseorang lebih pasti kalau dia tidak memiliki rencana sama sekali. Dari cara perencanaan itudibuat sebelumnya, kita dapat memprediksi kemenangan atau kekalahan. [Sun Tau, dalam Wee Chow Hou, et al. War and manageent, 1991]
  4. Strategi yang tepat harus dijabarkan dengan taktik yang tepat. Kemenangan taktis dalam skala besar, tidak berarti dibandingkan suatu kekalahan strategis.
  5. Pemimpin tahu apa tugasnya, dan dia menjalankannya secara terhormat. [Thucydides, pahlawan perang Yunani, seperti dikutip dalam buku "Leader of the Future]
  6. Masa depan adalah rangkaian waktu yang dibangun dari masa lalu, saat ini, esok, lusa dan seterusnya. namun yang terpenting adalah hari ini. Sedikit tindakan yang kita lakukan saat ini, akan sangat berarti bila kita menengoknya kembali lima atau sepuluh tahun kemudian.
  7. Dalam berbisnis, Anda menggantungkan masa depan bisnis Anda pada interaksi antar-manusia, perasaan, dan emosi.